Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Tips Mencari Sumber Dana Pelunasan Hutang

Friday 21 November 2014

"Tips Mencari Sumber Dana Pelunasan Hutang"

Sumber Dana Pelunasan Hutang
Hutang dari bank memang dapat dimanfaatkan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan keluarga yang amat penting. Misalnya membeli rumah tempat tinggal dan kendaraan pribadi . Dua buah kebutuhan ini adalah yang paling sering menjadi motivasi kebanyakan keluarga dalam memanfaatkan fasilitas hutang dari bank. Sebab rumah adalah kebutuhan dasar, jika tidak memilikinya maka sebuah keluarga tidak dapat hidup dengan tentram. Berbeda sedikit dengan dengan kendaraan pribadi. Walaupun bukan kebutuhan dasar, namun tingkat kenyamanan pelaksanaan aktifitas sehari-hari terutama yang berhubungan dengan pekerjaan akan menjadi kurang nyaman jika tidak memiliki kendaraan pribadi.

Sayangnya, penggunaan hutang bank tanpa memperhitungkan kemampuan untuk membayar hutang kembali, bisa menyebabkan  kita terjerat hutang.

Jika kondisi pembayaran hutang anda saat ini sudah dalam kategori macet, dan sudah tidak lagi mampu membayar kewajiban cicilan rutin. Sebaiknya segera dilakukan tindakan pelunasan seluruh hutang secepat mungkin sehingga hutang anda tidak semakin membengkak.  Terus uang untuk pelunasan hutang darimana dong? Bayar cicilan saja susah, apalagi harus melunasi sekaligus. Memang mendapatkan sumber dana untuk pelunasan hutang tidak mudah. Terutama saat hutang kita bermasalah dan saldo hutang sudah terlanjur membengkak. Karena itulah harus dilunasi, sebab jika penyelesaiannya ditunda anda akan semakin terjerumus jurang hutang yang semakin dalam. Yang pasti niat baik untuk melunasi saja tidak cukup. Anda butuh  usaha yang lebih konkrit dalam penyelesaian hutang macet. Berikut beberapa saran dalam mengusahakan sumber-sumber dana pelunasan hutang :

    1. Cairkan harta likuid yang anda miliki saat ini. Misalnya jika anda memiliki tabungan, deposito, reksadana, nilai tunai asuransi. Jumlah yang dicairkan sebesar jumlah total hutang kartu kredit ditambah bunga yang berjalan.
    2. Jika anda tidak memiliki simpanan atau jika tidak mencukupi jumlahnya untuk pelunasan, maka anda bisa menjual harta anda yang lain misalnya, mobil, tanah, perhiasan, koin emas, atau barang berharga lainnya.
    3. Untuk mendapat sumber dana cepat untuk pelunasan, maka anda juga bisa gadaikan harta atau barang anda yang berharga seperti perhiasan, mobil, barang elektronik ke pegadaian. Anda dapat menebus barang–barang anda kembali suatu saat nanti.
    4. Cara terakhir adalah dengan mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Anda bisa minta bantuan orang tua, mertua atau saudara untuk meminjamkan sejumlah uang sebesar yang dibutuhkan untuk pelunasan dengan jangka waktu pembayaran yang fleksibel.
Jadi, janganlah panik jika terjerat hutang. Sebaiknya tetaplah tenang dan lakukan usaha-usaha pelunasan secara pelan-pelan dan bertahap namun sistematis.

Don't Miss