Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Kiat Sukses Usaha Es Krim

Friday 6 February 2015

"Kiat Sukses Usaha Es Krim"

Kiat Sukses Usaha Es Krim

Bu Mike Yth,

Saya sangat terinspirasi membuka usaha makanan, setelah memperhatikan tetanga saya yang membuka usaha pisang goreng kipas ala Kalimantan. Luar biasa, pembelinya sampai mengantri. Saya sendiri mempunyai resep es krim berikut mesinnya, turun temurun dari keluarga.Sayang mesinnya sudah tua, nyaris tidak bisa dipakai, Saya menerima pesanan kecil-kecilan membuat es krim untuk acara keluarga atau acara lain di lingkungan. Tetapi belum betul-betul saya bisniskan, sebab saya masih bekerja sehingga waktu terbatas. Impian saya membuka restoran es krim di rumah sebab di tunjang lokasi rumah di pinggir jalan raya. Saat ini juga ada penawaran mesin es krim cone seharga Rp 28,5 juta. Simpanan saya satu-satu adalah deposito senilai Rp 40 juta. Bagaimana peluang bisnis ini menurut mbak mike, apakah penawaran tersebut saya ambil saja? Apa saja yang harus saya perhatikan dalam bisnis ini?

Ernawati
Bintaro, Jakarta.

Jawab

Es krim memang digemari siapa saja, tidak heran kita dapat menjumpainya dengan mudah dimana-mana. Mulai dari restoran juga berbagai acara pesta. Es krim dalam kemasanpun dapat kita jumpai di berbagai swalayan. Bahkan sampai toko bahan pangan di komplek perumahan. Tidak luput dalam pengamatan juga para penjual keliling es krim dari berbagai merek yang langsung mendatangi rumah-rumah. Es krim saat ini muncul dalam aneka rasa, bentuk juga harganya, Kita dapat membeli es krim yang mahal sampai yang murah sekalipun. Tidak heran es krim dalam berbagai bentuk penyajiannya selalu diminati orang. Mempertimbangkan selera orang terhadap es krim, maka kita dapat menilai bahwa bisnis ini tetap menjanjikan.

Untuk menjual es krim, sebenarnya bisa juga dilakoni dengan menjadi penyalur atau pengecer es krim dari perusahaan-perusahaan besar. Namun jika Anda ingin merintis bisnis Anda sendiri, menjual es krim buatan sendiri mungkin lebih menguntungkan. Jika kita perhatikan bisnis es krim sudah ada sejak jaman dulu, sebutlah saja restaurant seperti es krim Ragusa di Jakarta atau es krim Zangrandi di Surabaya sudah tidak asing di telinga. Nama-nama legendaris ini berkembang dari es krim rumahan.

Adapun saat ini Anda sudah mendapat penawaran satu buah mesin es krim senilai Rp 28,5 juta. Memang saat ini  banyak ditawarkan mesin pembuat es krim yang lebih praktis sehingga harganya lebih terjangkau. Mesin es krim jenis ini umumnya tidak terlalu besar dan lebih ringan, serta dapat dipindahkan-pindahkan dengan cepat dan pengoperasiannya juga mudah. Anda dapat menjual es krim cone buatan sendiri dengan harga murah.
Karena itu jika Anda pemula yang ingin memulai bisnis es krim buatan sendiri, bisa dipertimbangkan  bisnis menjual es krim cone yang ditawarkan kepada Anda. Alasannya sebagai berikut :

•    Dibandingkan es krim dalam kemasan yang dijual di toko-toko atau penjual keliling, maka es krim cone   buatan sendiri daya tariknya lebih besar. Selain masih segar karena baru dibuat, ditambah harganya yang murah, juga rasa yang disukai kebanyakan orang membuat es krim cone selalu diminati orang.

•    Kelebihan Anda adalah karena sudah memilki lokasi usaha yang strategis, yaitu rumah Anda yang dipinggir jalan raya

•    Terbatasnya modal, jika melihat simpanan Anda sebesar Rp 40 juta. Membuka kedai es krim cone lebih terjangkau dibandingkan investasi untuk es krim rumahan berskala menengah. Anda mungkin harus keluar uang ratusan juta untuk membeli peralatan mesin pemasak, pembeku dan penyimpan. Buat Anda yang pemula, kemungkinan harus mengeluarkan modal besar bisa jadi berisiko, selain keterbatasan modal yang menjadi halangan. Berhati-hatilah untuk tidak menghabiskan semua simpanan Anda ke dalam bisnis ini. Agar keuangan rumah tangga tidak terganggu, sisihkanlah terlebih dulu sebesar minimal 3x pengeluaran keluarga perbulan dari deposito Anda, untuk berjaga-jaga.

Jika kita perhatikan usaha es krim cone ini memang kompetitif, beberapa restaurant cepat saji yang menjual es krim cone dengan harga murah, tidak jarang terlihat antrian pembelinya. Karena itu walaupun Anda sudah memiliki lokasi usaha yang strategis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar bisa berhasil dalam bisnis es krim buatan Anda sendiri antara lain :

1.    Harga : harga es krim cone tidak bisa terlalu mahal, sebab ini bukan jenis makan pokok yang diutamakan. Apalagi pesaing seperti restoran cepat saji sudah menjualnya dengan harga murah, terutama  jika pelanggan Anda lebih banyak anak sekolah.

2.    Kecepatan pelayanan : Antrian panjang seperti di usaha pisang kipas tetangga Anda, tentunya kurang menyenangkan. Ini bisa menyebabkan pembeli mengurungkan niat. Perhatikan jam-jam sibuk di lokasi usaha Anda dan bersiaplah secara ekstra meningkatkan kecepatan pelayanannya.

3.    Variasi rasa : Temukanlah rasa yang paling disukai pelanggan dan tingkatkanlah kualitasnya. Jangan takut berkreasi terhadap rasa juga bentuk penyajian,apalagi jika Anda sudah mempunyai resep es krim istimewa warisan keluarga. Ini bisa menjadi ciri khas es krim buatan Anda.

4.    Biaya-biaya : Selain investasi biaya mesin biaya lain harus diperhitungkan. Semisal pengeluaran tetap untuk listrik, air, bahan baku terutama gaji pegawai. Sebab Anda masih bekerja, jadi memerlukan asisten untuk menjalankan operasional harian. Juga biaya tidak tetap seperti bubuk es krim, penambah rasa buatan, toping, cone dan lain-lain.

5.    Mesin es krim yang praktis dan mudah dipindahkan memberikan Anda fleksibilitas untuk meningkatkan penjualan dengan berbagai macam cara. Anda tidak harus menjual es krim di satu tempat saja tetapi sesekali juga bisa berpindah-pindah mengincar lokasi yang sewaktu –waktu saja ramainya. Misalnya pameran, bazaar, pasar kaget, perayaan tahun baru, mengisi acara hajatan dan lain-lain.

Mulai dengan jumlah yang kecil dulu dengan membukai kedai es krim cone bisa jadi langkah yang bijaksana. Sambil belajar, usaha semakin maju secara bertahap Anda dapat mewujudkan impian memiliki restoran es krim sendiri.

Semoga sukses!



Don't Miss