Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Membeli Rumah Sebelum Launching

Thursday 18 December 2014

 "Membeli Rumah Sebelum Launching"

Membeli rumah sebelum launching

Pertanyaan mengenai beli rumah sebelum launching:
  1. Beli rumah sebelum launching, bagaimana Pak?
  2. Plus minusnya apa jika ingin beli rumah sebelum launching?
  3. Apa ada perbedaan yang signifikan terhadap harga jual rumah dari pre launching, launching, hingga pra launching?
  4. Bagaimana cara mengetahui penjualan rumah sebelum launching?
  5. Bisa berikan beberapa tip membeli rumah sebelum launching?

Jawab :

Jawaban no 1 dan 2 saya gabung ya. Beli rumah sebelum di launching alias pada masa pre lauch boleh-boleh saja.Plusnya adalah pasti konsumen mendapatkan harga paling bagus (baca : harganya masih murah), sehingga bila tujuannya adalah untuk investasi ataupun dijual lagi maka ia bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Minusnya adalah biasanya pada masa pre-launch bangunan belum berdiri, bahkan lahannya saja bisa jadi belum diapa-apakan oleh developernya. Sehingga bagi sebagian orang hal ini dirasa kurang nyaman dan menjadi berkurang kepercayaannya terhadap apa yang hendak ia beli. Kekurangan lainnya adalah masa pembangunan rumah/property terkadang membutuhkan waktu yang relatif lama dan bahkan seringkali molor dari waktu yang sudah dijanjikan, sehingga konsumen harus ekstra sabar untuk melihat properti yang dibelinya berdiri, apalagi bila rumah tersebut hendak dijadikan sebagai rumah tinggalnya.

3. Biasanya ada perbedaan harga yang cukup significant. Karena pihak developer pastinya ingin memberikan image juga bahwa properti yang mereka tawarkan sangat baik sebagai tempat berinvestasi, sehingga mereka akan terus menaikkan harga jualnya.

4. Beberapa developer saat ini bahkan sudah mulai menawarkan property yang dijualnya sejak masa pre-launch. Biasanya property tersebut diiklankan baik lewat media massa maupun spanduk-spanduk iklan yang dipasang di titik-titik strategis di perkotaan. Hal ini memudahkan kita apabila hendak hunting rumah yang masih dalam masa pre-launch. Atau bila waktu untuk berkeliling mencari property terbatas, rajin-rajin saja browsing di situs-situs jual beli di internet. Akan ada postingan – postingan yang menawarkan berbagai macam properti, tinggal kita pilih saja yang sesuai keinginan kita. Perluas juga relasi kita dengan berteman dengan orang-orang yang memiliki usaha developer property. Biasanya bila ada proyek pembangunan rumah yang mereka kerjakan, mereka terlebih dahulu akan menawarkan ke teman-temannya sebelum dibuka ke publik.

5. Sebelum membeli rumah dalam masa pre-launch, cari tau dahulu track record developernya. Pastikan juga segala macam dokumen perjanjian jual-belinya lengkap. Simpan dengan baik dokumen-dokumen tentang fasilitas-fasilitas yang dijanjikan akan dibangun dan diberikan oleh developer, sehingga kita bisa klaim bila terjadi perbedaan antara yang dijanjikan dengan keadaan ketika jadi. Hal ini untuk menghindari kita tertipu oleh developer nakal.

Salam,




Don't Miss