Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Emas, Investasi Yang Kebal Krisis

Tuesday 11 November 2014

"Emas, Investasi Yang Kebal Krisis"

Emas Investasi Yang Kebal Krisis
Perhiasan emas dalam berbagai bentuknya seperti gelang, kalung, cincin, anting, sangat populer dikalangan wanita, karena dengan bentuknya yang cantik semakin memperindah penampilan pemakainya.

Wanita dan emas memang tidak bisa dipisahkan, bahkan wanita mungkjn sudah mengenal emas hampir sepanjang hidupnya, mulai dari kecil sang ibu biasanya mulai menindik telinga sang putri agar bisa dipasangkan anting emas, kemudian beranjak remaja dan dewasa perhiasan emas yang dipakainya semakin variatif  dengan berbagai design yang saat itu sedang trend. Menjelang usia senja, wanita bahkan semakin banyak memasang perhiasan emas di tubuhnya dan dalam ukuran yang biasanya lebih besar pula, mungkin dalam usia ini fungsi perhiasan emas tidak hanya sebagai perhiasan tetapi juga menunjukan status sosial dan prestise

Sebenarmya emas tidak hanya populer dikalangan wanita saja, namun emas sudah lama dikenal masayarakat tradisonal kita yang menganggap bahwa emas lebih dari sekedar perhiasan semata tetapi sebagai barang investasi. Karena itu para orang tua kita jaman dahulu seringkali membeli perhiasan emas  dan bisanya juga tidak dipakai namun dismpan dengan apik di kotak kayu. Perhisan emas tersebut dianggap sebagai simpanan atau tabungan, yang jika dibutuhkan bisa dijual sewaktu-waktu. Orang tua kita dahulu juga menyimpan perhiasan emas agar bisa diwariskan kepada anak cucunya. Nah, mungkin sampai saat ini pun anda masih menyimpan harta warisan berupa perhiasan emas yang sudah dimiliki keluarga selama puluhan tahun.

Emas sebagai investasi saat ini memang semakin banyak diminati orang, namun kebanyakan orang berinvestasi ke dalam emas dengan cara yang masih tradisional. Sehinggga orang belum menyadari penting berinvestasi ke dalam emas secara lebih terencana. Karena itu sebelum kita berinvestasi ke dalam emas sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu keuntungan berinvestasi dalam bentuk emas dan apa saja yang harus diperhatikan supaya tidak merugi dalam berinvesatsi dalam bentuk emas.

Keuntungan Berinvestasi Dalam Bentuk Emas

Keuntungan utama dari berinvestasi dalam bentuk emas adalah karena harga emas sudah terbukti mampu bertahan dalam segala situasi ekonomi. Dalam  situasi ekonomi yang memburuk yang biasanya diiringi dengan kerusuhan sosial bahkan perang dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan mengantisipasi turunnya nilai mata uang maka orang pun menukar uangnya dengan emas. Contohnya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada pertengahan tahun 1997. Dengan menguatnya nilai dolar Amerika terhadap rupiah, harga emas turut pula meningkat.

Tetapi jika anda cermati, kendati tidak ada krisis ekonomi harga emas dari waktu ke waktu turut pula meningkat. Hal ini disebabkan karena walaupun kondisi ekonomi relatif stabil namun inflasi atau kenaikan harga barang-barang termasuk juga harga emas dan jasa hampir selalu terjadi. Sehingga selama inflasi terjadi dapat dipastikan harga emas akan terus meningkat dan makin tinggi inflasi disuatu negara makin mahal pula harga emas per gramnya .


Jenis-Jenis Investasi Dalam Bentuk Emas

Toko perhiasan bukankah satu-satunya tempat yang bisa anda datangi untuk membeli emas agar bisa berinvestasi dalam bentuk emas, karena berinvestasi dalam bentuk emas bisa dilakukan dengan berbagai cara.

  1. Membeli emas dalam bentuk perhiasan, selain sebagai investasi sekaligus juga menjadi perhiasan.
  2. Membeli emas dalam bentuk batangan atau lempengan atau biasa dikenal dengan emas lantak. Di toko perhiasan jarang menyediakan emas batangan, anda bisa membelinya di PT. Aneka Tambang. PT. Aneka Tambang adalah salah satu BUMN yang mengelola beberapa hasil-hasil pertambangan milik negara. Emas batangan disediakan dalam ukuran 20gr, 25gr, 50gr dan yang terberat adalah 1kg. 
  3. Membeli emas dalam bentuk koin emas atau emas batangan. Siapapun boleh membeli koin emas dan emas batangan baik itu perorangan maupun perusahaan. Cara membelinya juga mudah sekali karena tidak memerlukan persyaratan tertentu. Anda bisa langsung membelinya ke PT Aneka Tambang di bagian Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam. Saat ini juga ditawarkan koin emas dinar dengan berat satuan per koin 4,25 gram emas. Anda dapat membeli koin emas dinar di berbagai gerai penjualan koin dinar. Keuntungan lainnya dengan memiliki koin emas dan emas batangan sebagai investasi adalah sifatnya yang liquid artinya dapat diuangkan atau di jual dengan mudah diberbagai tempat di seluruh dunia.

Ke 3 cara diatas adalah cara-cara konvensional yang biasa dijalankan orang dalam berinvestasi ke dalam emas. Artinya anda melakukan investasi emas dalam bentuk fisik. Karena itu cara ke empat adalah anda juga bisa berinvestasi dalam bentuk emas namun tidak menyimpan fisiknya, tetapi kepemilikan anda terhadap emas tersebut cukup dicatat secara administratif saja. Berinvestasi cara ini bisa anda lakukan melalui bursa perdagangan berjangka yang sistem perdagangannya kurang lebih mirip dengan jual beli saham di pasar modal.  


Tips Berinvestasi Dalam Bentuk Emas

Hal-hal apa sajakah yang sebaiknya dipertimbangkan dalam berinvestasi dalam bentuk emas? Tips berinvestasi dalam bentuk emas berikut ini bisa anda pertimbangkan untuk dijalankan agar tidak merugi dalam berinvestasi dalam bentuk emas :

  1. Untuk tujuan investasi maka sebaiknya dipilih bentuk emas yang sederhana dan tidak rumit  seperti koin emas dan emas batangan, karena lebih memudahkan penyimpanan dan perawatannya.
  2. Perhiasan kurang cocok dijadikan investasi karena 2 alasan utama, yaitu :
  • Karena perhiasan biasanya dipakai maka mempunyai resiko hilang dan bisa berkurang beratnya jika terbentur sesuatu.
  • Saat membeli perhiasan emas maka Anda akan dikenakan ongkos pembuatan, padahal saat anda akan menjualnya pembeli tidak mau menanggung ongkos pembuatannya. Perhiasan emas ketika dijual hanya akan dijual senilai beratnya saja.
  • Koin emas maupun emas batangan karena tidak dimaksudkan untuk dipakai seperti perhiasan, maka biasanya disimpan saja sehingga kemungkinan hilang dan berkurang beratnya, resikonya lebih kecil. Koin emas walaupun ada ongkos pembuatan namun nilainya kecil sekali sedangkan emas batangan bahkan tidak dibebankan ongkos pembuatan.
3.  Investasi emas di bursa berjangka bisa jadi memberikan peluang keuntungan yang paling cepat. Akan tetapi harus diingat bahwa potensi keuntungan yang palina besar pasti dibarengi juga dengan potensi kerugian yang paling tinggi pula. Sehingga investasi emas di bursa berjangka sebaiknya hanya dilakukan bagi anda yang sudah paham betul mengenai seluk beluk perdagangan berbagai produk di pasar bursa berjangka. Jika anda masih awam dan tipe orang yang cukup konservatif dalam berinvestasi, sebaiknya tidak berspekulasi dengan cara ini. Berinvestasi dalam bentuk emas dengan cara konvensional mungkin lebih aman dan tepat untuk anda. Walapun potensi keuntunganya lebih kecil namun tetap bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang.



Don't Miss