Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Menulis, penghasilan Sampingan Tanpa Menganggu Jam Kerja

Thursday 29 October 2015

"Menulis, penghasilan Sampingan Tanpa Menganggu Jam Kerja"

Menulis, penghasilan Sampingan Tanpa Menganggu Jam Kerja


Donald Trump mengatakan, para milyaner menyukai pekerjaan mereka bukan karena pekerjaan tersebut membuat mereka kaya, tetapi mereka tidak akan menjadi kaya dengan melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai. Kesimpulannya adalah Anda akan melakukan secara maksimal untuk pekerjaan yang Anda sukai. Sebetulnya banyak sekali hobi yang bisa dijadikan lumbung penghasilan, baik itu penghasilan utama maupun sekedar penghasilan tambahan.

Lalu bagaimana merintis penghasilan tambahan tanpa mengganggu jam kerja ? Seringkali juga orang belum tahu apa yang dia suka dan apa yang dia tidak suka dan semakin bingung mau mulai darimana karena merasa tidak punya hobby. Jangan biarkan diri Anda terjebak pertimbangan ini itu terlalu lama, akibatnya malah tidak memulai. Mulailah dari suatu kegiatan yang sudah biasa Anda lakukan setiap hari. Sehingga tidak perlu keluar uang untuk kursus tambahan atau meluangkan waktu banyak untuk belajar. Mudah, murah dan langsung bisa dimulai sekarang. Misalnya kegiatan menulis, pastinya semua karyawan bisa walau belum tentu menjadi hobi, mungkin juga bukan passionnya, tetapi tak ada salahnya mencoba bukan?

Faktanya, menulis kreatif adalah keterampilan yang berharga bagi para profesional di hampir semua sektor pasar, yang mengapa beberapa perusahaan dan organisasi mendorong karyawan mereka untuk mengikuti kursus menulis kreatif sebagai bagian dari pengembangan profesional mereka. Nah jika Anda perusahaan pemberi kerja, mengadakan pelatihan menulis kreatif untuk mengembangkan bakat dan minat karyawan dapat dipertimbangkan menjadi salah satu pelatihan yang sejalan dengan kebutuhan perusahaan.

Jika perusahaan tempat bekerja memiliki majalah internal perusahaan (inhouse/internal magazine) coba kirimkan hasil tulisan Anda kesana. Anda bisa menghubungi bagian corporate communication atau internal communication yang biasa menangani majalah internal.

Buatlah tulisan 1,5 - 2 halaman. Paling bagus jika dilengkapi dengan tips-tips singkat, petunjuk praktis, table perbandingan atau data-data berupa fakta di lapangan yang dapat Anda ambil dari berbagia sumber terpercaya. Topik yang disukai biasanya hal-hal yang membangun motivasi bekerja, membangun tim kerja yang solid sampai tulisan seputar gaya hidup juga keuangan pribadi terkait bagaimana karyawan bisa mengelola gaji dengan baik. Tulislah  cerita dari pengalaman hidup sehari-hari, dengan gaya bertutur seperti layaknya Anda sedang mengobrol dengan rekan sekerja.
Sudah saatnya lho perusahaan mendapatkan buah pikiran Anda. Yuk menulis!

Penghasilan Sampingan dari Menulis
Ingin menjajal kemampuan menulis Anda ke dunia luar dan menjadi selebriti? Siapa takut. Sebagian kecil orang telah menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi yang dapat mengundang penghasilan tambahan. Adapun bentuk tulisan yang dapat Anda jual antara lain : cerpen, puisi, novel, cerita anak, naskah buku pelajaran, skripsi, karya ilmiah, buku umum, skenario, jingle iklan, artikel, dan lain sebagainya.

Prospek dan Kelebihan
• Lima dari 10 mahasiswa tidak mampu dan malas menulis skripsi, ini membuka peluang bisnis bagi Anda terutama jika harus menulis skripsi yang penuh dengan aturan penulisan karya ilmiah.

• Jika Anda seorang sarjana, tak perlu ada persiapan keahlian sama sekali. Jadikan pengalaman menulis skripsi Anda sebagai guru terbaik.

• Peluang penghasilan 2-3 juta per bulan dengan melayani 2 penulisan skripsi.

• Peluang menulis online juga terbuka lebar untuk Anda.

Persiapan Awal
• Kenali kemampuan terbaik Anda dalam menulis. Apakah Anda mampu menulis artikel, buku cerita anak, buku umum, scenario, jingle iklan, dan lain sebagainya.

• Eksploitasi dan perkaya kemampuan menulis Anda dengan mengikuti seminar menulis, bergabung dengan komunitas menulis, dan berlatih menulis diary atau blog.

• Daftarkan diri Anda sebagai anggota perpustakaan, penulis wajib mengisi kepalanya dengan banyak membaca buku.

• Sediakan juga buku-buku referensi dari berbagai jurusan mata kuliah.

• Mulailah menulis dari sekarang!

Pasar Freelance untuk Para Penulis
Ingin tetap bekerjsa sambil menjadi penulis lepas ? Anda bisa menempatkan portfolio  disini:

• http://projects.co.id, ini adalah situs freelancer bagi penulis pemula dan penulis professional. Bentuk tulisan yang mereka butuhkan berupa artikel, cerpen, deskripsi produk, dan lain sebagainya.

• http://sribulancer.com, ini adalah situs freelance bagi para penulis dan pekerja freelance lainnya.

• Basabasi.co, ini adalah situs menulis opini, cerpen, puisi bagi penulis pemula dan senior.

Sumber :
• Jadi Jutawan dari Hobi, Sigit Rais, Indonesi Tera, 2009, Yogyakarta.
• 50 Bisnis Jasa yang Menguntungkan, Zulbiadi Latief, Visi Media, 2010, Jakarta.


Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You - Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)
Don't Miss