Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Kiat Menjalankan Bisnis Online yang Dipercaya Konsumen

Monday 22 December 2014

"Kiat menjalankan bisnis online yang dipercaya konsumen"



Kiat menjalankan bisnis online

Assalamualaikum wr.wb.

Saya ingin bertanya kepada anda mengenai masalah yg sedang saya hadapi, saya ingin berencana membuat toko online dan yg saya ketahui bahwa masalah utama dalam bisnis toko online adalah kepercaya dari konsumen. Menurut anda bagaimana solusinya agar konsumen bisa percaya terhadap toko online yang akan saya buat?
Saya harap anda bisa membantu saya.
Terima kasih.

Purnama Ayu, Bandung.

Jawab :

Dear Purnama Ayu,

Salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis online adalah rasa percaya dari konsumen untuk bertransaksi dengan kita, karena pada hakekatnya konsumen tidak bertatap muka langsung dan tidak melihat langsung produk yang kita tawarkan. Untuk itu ada beberapa kiat agar konsumen merasa percaya untuk bertransaksi dengan kita :

1.    Gunakan berbagai macam saluran komunikasi yang membuat konsumen bisa menghubungi anda dengan mudah lewat berbagai cara seperti email, media sosial, sms, dan instant messanger.   
2.    Selalu merespons setiap pertanyaan dan komunikasi dari konsumen dengan cepat dan baik. Hal itu akan membuat konsumen merasa aman dan terlayani dengan baik.

3.    Karena konsumen tidak dapat melihat dan memegang langsung produk anda, maka tampilkan produk yang anda tawarkan di internet dengan detail. Tampilkan gambar produk dengan semenarik mungkin, bahkan kalau perlu minta bantuan fotografer profesional. Bila produk anda berupa barang, sebutkan detail ukurannya barangnya, terbuat dari bahan apa, atau berapakah bobotnya, dsb.

4.    Sediakan rekening dari beberapa bank yang berbeda untuk memudahkan konsumen melakukan pembayaran. Segera konfirmasikan pada konsumen bila pembayaran sudah anda terima, dan berikan waktu estimasi produk akan tiba di alamat konsumen. Agar lebih meyakinkan, sebutkan bukti nomer resi pengiriman produk yang sudah anda kirimkan kepada konsumen tersebut.

5.    Terbuka pada kritik dan saran. Ada kalanya ketika barang yang diterima ternyata menurut konsumen tidak sesuai dengan gambar yang ada, jawablah komplainnya dengan baik dan jangan menjawab dengan kata-kata yang balik menyerang meskipun mungkin kesalahan bukan pada anda selaku penjual.

6.    Buatlah program garansi pengembalian uang seandainya barang yang diterima tidak sesuai ekspektasi konsumen ataupun rusak dengan ongkos kirim ditanggung pembeli. Meskipun mungkin merugikan anda, anggap saja hal tersebut sebagai biaya iklan anda demi kepuasan konsumen.

7.    Mintakan testimoni positif dari konsumen yang puas. Hal itu akan membuat lebih banyak orang percaya dengan kredibilitas anda.

Demikian jawaban dari saya, selamat menjalankan bisnis online anda.

Salam,



Don't Miss