Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Reoptimasi Investasi Saat Sektor Finansial Terkoreksi

Monday 5 January 2015

"Reoptimasi investasi saat sektor finansial terkoreksi"

Reoptimasi investasi saat sektor finansial terkoreksi
Dalam beberapa kesempatan acara halal bi halal saya amati banyak undangan yang hadir mengadakan diskusi kecil-kecilan seputar pailitnya Lehman Brothers salah satu bank investasi Amerika yang sudah berusia ratusan tahun. Rupanya isu pailit susulan oleh deretan raksasa finansial Amerika lainnya adalah salah satu topik yang paling hangat dibicarakan saat ini. Tidak heran para undangan mendiskusikan hal yang kurang lebih sama mengenai arah pasar ke depan dan apa yang harus mereka lakukan terkait investasi mereka di sektor finansial saat ini. Jika kita tarik kebelakang, kebanyakan investor sudah menikmati kenaikan harga-harga saham setelah masa krisis 1997-1998. Saat krisis, IHSG melorot dari 740 ke 300-400-an. Tapi, memasuki 2007, indeks naik sekitar tujuh kali lipat. Ini bisa membuat para pelaku investasi menjadi super confidence. Namun agaknya keyakinan ini mulai goyah sebab sampai saat ini indeks kembali terkoreksi kurang lebih 30%nya. Dalam teori investasi kita mengenal behavior of finance, dan salah satu perilaku yang biasa kita temui adalah sikap investor yang over-reaction ketika harga naik tajam, begitu pula saat harga turun drastis. Mari kita bahas bagaimana mengatasi hal ini.


Mengatasi Krisis Percaya Diri

Buat mereka yang belum lama berinvestasi di sektor finansial, koreksi indeks sungguh meresahkan. Sebab total nilai investasi yang makin terpangkas dari sejak awal tahun 2008. Seorang ibu rumah tangga yang rajin berinvestasi beberapa kali meng-sms saya menanyakan :
” Mengapa NAB Reksa Dana saham turun?”
” Haruskah  setoran investasi kami hentikan dulu?”
” Apakah lebih baik sebagian portfolio investasi kami jual saja?”
Hati-hati jangan sampai anda terkena krisis kepercayaan diri yang mengakibatkan panic selling. Padahal para pakar justru meyakini bahwa penurunan IHSG merupakan sinyal beli dan saat yang tepat untuk masuk pasar. Apalagi panic selling biasanya ibarat department store yang menggelar obralan sehingga menjadikan harga barang murah meriah. Ada banyak saham dengan valuasi sangat murah, padahal mempunyai fundamental yang sangat kokoh. Itu terjadi karena banyak investor amatir yang terlalu takut dan panik. Umumnya saham-saham bervaluasi murah namun punya fundamental bagus itu akan mencapai titik pembalikan. Down side risk-nya mengecil, sementara up-side potential-nya meningkat. Syaratnya investor mau disiplin, konsisten dan rajin mencari informasi serta menerapkan strategi jangka panjang dalam berinvestasi. Jadi jangan ragu untuk masuk ke pasar secara bertahap. Yang penting saat ini jangan panik, tapi tetap harus waspada. Untuk mengantisipasi kemungkinan harga turun lagi dalam jangka pendek, investor bisa mengoleksi saham secara bertahap saja, jangan sekaligus. 


”4 R” Pentingnya Monitoring

Selain mengatasi krisis percaya diri tadi, secara teknis dari waktu ke waktu portfolio investasi kita harus dimonitor. Sebab alokasi aset dalam portfolio cenderung berubah-ubah, termasuk profil trade off return dan risiko - sejalan dengan fluktuasi harga. Untuk menghadapi perubahan komposisi susunan asset atau porfolio maka reoptimasi investasi perlu dilakukan. Reoptimasi investasi sendiri terdiri dari empat kegiatan yang nyaris kelihatannya hampir sama namun sesungguhnya berbeda :

- Reevaluating, adalah tindakan menguji dengan cara mengamati, mempelajari, memahami, mengidentifikasi perubahan yang belakangan ini atau saat ini terjadi dalam kehidupan pribadi anda yang berpengaruh langsung terhadap portfolio investasi. Banyak hal yang terjadi sejak anda mendesain dan membangun portfolio anda. Hal ini bisa menimbulkan dampak bagi pencapaian tujuan-tujuan keuangan dan profil risiko anda. Mungkin anda sudah pindah kerja, menikah, bercerai, memiliki lebih banyak anak, atau mengalami musibah yang menimbulkan kerugian finansial. Pada saat itulah anda harus melihat kembali gambaran kondisi hidup anda dan keseluruhan. Rencana Keuangan serta portfolio dan melakukan penyesuaian jika perlu.

- Rebalancing, adalah tindakan menjual dan membeli produk investasi dalam portfolio investasi dengan tujuan untuk mengembalikan komposisi asset dalam portfolio saat ini kepada komposisi asset portfolio optimal yang ditetapkan sebelumnya. Rebalancing melibatkan tindakan menjual sejumlah kelas asset tertentu yang porsinya kelebihan dan melakukan pembelian pada sejumlah kelas asset tertentu yang porsinya kurang. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan return dan risiko suatu portfolio. Karena pergerakan harga-harga di tiap-tiap kelas asset investasi, suatu jenis kelas asset tertentu dalam portfolio harus ditambah (dibeli) sementara jenis kelas asset yang lain justru harus dikurangi (dijual). Rebalancing bisa terpicu jika alokasi asset bergerak di luar range jangkauan/kisaran  alokasi aset optimal. Biasanya muncul kala alokasi aset bergerak diatas batas upper limits/ceiling (paling atas) atau dibawah lower limits/floor (paling bawah). Beberapa pakar investasi menyarankan untuk melakukan rebalancing setahun sekali daripada melalukannya berulang kali tiap kali terjadi pergerakan, atau bahkan tidak pernah sama sekali kecuali terjadi pergerakan

- Relocating, adalah tindakan mempertukarkan suatu asset dengan asset lainnya pada kelas aset yang sama sehingga tidak merubah komposisi susunan asset atau tidak juga merubah profil return dan risiko. Relocating bisa saja melibatkan pertukaran suatu jenis obligasi yang satu dengan obligasi yang lain untuk memperoleh tingkat kupon bunga yang lebih tinggi atau yang lebih rendah yang dilakukan berdasarkan perubahan kebutuhan investor terhadap imbal hasil investasi berupa pendapatan tetap

- Reallocating, adalah tindakan penyesuaian jumlah yang anda kontribusikan dan bagaimana kontribusi itu akan dilakukan terhadap suatu jenis kelas asset tertentu dalam portfolio anda. Dalam konteks ini reallocating juga tidak merubah komposisi susunan aset, hanya bagaimana kontribusi tersebut ingin diterima atau akan dilaksanakan suatu saat nanti.


Biaya Reoptimasi Investasi

Ada dua jenis biaya yang harus kita pertimbangkan sebelum melakukan reoptimasi investasi, yaitu saat kita akan melakukan rebalancing, relocating dan reallocating. Hal ini disebabkan terjadinya perubahan komposisi aset karena tindakan menjual, membeli dan menukar aset yang satu dengan yang lain. Yang pertama adalah biaya transaksi, yaitu selisih harga jual belinya (bid-ask spread) dan komisi transaksi yang dikenakan. Melakukan switching dari suatu jenis reksa dana ke reksa dan yang lain pada manager investasi yang sama umumnya juga dikenakan biaya. Yang kedua adalah pajak transaksi yang dikenakan terhadap potensi capital gain (keuntungan) dari penjualan surat-surat berharga.



Don't Miss