Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Memiliki Mobil Pribadi Bukan Mimpi

Wednesday 7 January 2015

"Memiliki mobil pribadi bukan mimpi"

Memiliki Mobil Pribadi Bukan Mimpi
Dalam beberapa bulan terakhir pasti kita sering melihat iklan mobil keluarga, produksi perusahaan mobil yang cukup terkenal, baik di media cetak, maupun media elektronik lainnya. "Hanya 60 jutaan…" begitu bunyi iklan tersebut. Saat ini memilki mobil pribadi memang tidak sulit. Seiring dengan semakin ketatnya persaingan perusahaan-perusahaan mobil yang berlomba lomba membuat mobil murah, Tentunya hal ini sangat menguntungkan kita sebagai konsumen, karena dengan semakin terjangkaunya harga mobil, semakin mudah pula kesempatan memiliki mobil pribadi. Kalaupun Anda tidak sanggup membeli mobil baru, masih ada mobil bekas atau mobil second. Jika Anda perhatikan pasti cukup mudah untuk menemukan iklan baris di media cetak, yang menjual mobil bekas atau second, dengan harga di bawah mobil baru, yang diproduksi di atas tahun 1990.

Sayang sekali, walaupun harga mobil semakin murah dan banyak juga ditawarkan untuk membeli mobil bekas, kemampuan finansial anda belum mencukupi untuk membeli mobil itu secara tunai. Nah...ada beberapa cara untuk mewujudkan impian untuk memiliki mobil, salah satunya dengan mengikuti undian, siapa tahu anda yang beruntung mendapatkan sebuah mobil dari bermacam macam undian yang dibuat, dari produk kebutuhan rumah tangga sehari hari, hingga tabungan anda di bank memberikan mobil sebagai hadiah utama undian. Tapi jangan terlalu berharap dengan cara ini. Cara lainnya adalah dengan menggunakan fasilitas kredit. Kredit adalah cara yang memudahkan kita untuk mewujudkan impian memiliki mobil pribadi, bukan dengan keberuntungan, tapi dengan usaha dan kerja keras kita sendiri.

Untuk mengajukan kredit kita dapat mengajukan 2 institusi keuangan yaitu :

1. Bank
Saat ini banyak bank yang sedang melakukan promosi dengan memberikan kredit pemilikan mobil atau KPM, dengan bunga yang sangat ringan. Mengambil KPM dari bank memiliki kelebihan, salah satunya yaitu bunga yang lebih ringan. Kekurangannya adalah karena bank merupakan badan yang tersistematis, jadi proses pengajuan kredit ke bank relatif lebih lama, dan syarat yang dibutuhkan agak banyak. Selain itu biasanya bank enggan membiayai kredit untuk mobil bekas, karena resiko yang ditanggung lebih besar.

2. Perusahaan pembiayaan kredit atau leasing
Dengan semakin banyaknya kebutuhan untuk memiliki mobil, semakin menjamur pula perusahaan leasing, dari yang skala kecil hingga skala besar. Kelebihan dari mengambil kredit perusahaan leasing adalah kemudahan syarat syarat dan proses yang cepat, karena mereka pendapatan utama perusahaan leasing adalah dari bunga yang dikenakan kepada nasabahnya. Selain itu biasanya perusahaan leasing jtu mau membiayai pembelian mobil bekas,dengan tahun pembuatan yang relatif agak tua.

Dengan adanya 2 cara mengajukan kredit kepemilikan mobil, tentu semakin memudahkan kita untuk memiliki mobil pribadi yang kita impikan. Tapi masih ada beberapa hal yang harus anda perhatikan bila anda ingin mengajukan kredit ke Bank ataupun perusahaan leasing, yaitu :

1. Uang Muka
Hampir semua kredit yang kita ajukan, biasanya kita harus menyediakan Down Payment, atau uang muka, yang besarnya relatif. Biasanya 10% sampai dengan 30% dari harga mobil yang dijual, harus kita bayar dulu dalam bentuk uang muka, tapi dengan persaingan yang ketat saat ini, sekarang sering kita jumpai pemberian kredit tanpa uang muka, tapi anda harus ingat, bahwa semakin banyak jumlah kredit yang anda ambil, akan semakin pula beban bunga yang anda tanggung, dan semakin besar pula cicilannya.

2. Cicilan kredit
Perhatikan besarnya jumlah cicilan, dari semua kredit yang anda ambil, jangan melebihi 30% dari penghasilan anda perbulannya, karena anda masih harus memenuhi kebutuhan rumah tangga, melakukan investasi, dan berbagai macam hal lainnya. Jadi sebelum anda memutuskan untuk mengambil kredit mobil, perhatikan sampai saat ini sudah berapa besar porsi pembayaran hutang atau kredit anda perbulan seperti kredit rumah, barang elektronik, atau hutang kartu kredit, apakah sudah mencapai 30%, kalau belum silahkan anda wujudkan keinginan anda. Tapi kalau memang sudah mencapai 30%, sebaiknya anda tunda dulu keinginan anda untuk memiliki mobil pribadi.

3. Biaya asuransi
Sudah merupakan kewajiban anda bila ingin membeli mobil secara kredit, anda harus membayar asuransi dari mobil tersebut. Asuransi ini walaupun menambah beban anda tapi sebenarnya sangat menguntungkan, karena melindungi anda dari berbagai macam masalah, misalnya gagal bayar, atau kejadian kejadian yang tidak diinginkan terhadap mobil anda.

4. Biaya Administrasi
Biaya administrasi ini biasanya harus anda bayarkan saat anda membayar uang muka, jadi sebelum anda memutuskan untuk mengambil kredit, pastikan anda memiliki sejumlah uang tunai untuk membayar biaya administrasi ini. Biaya administrasi ini contohnya adalah biaya pembuatan stnk dan plat nomor (untuk mobil baru, ataupun biaya balik nama (untuk mobil bekas)).

Selamat mewujudkan impian anda untuk memiliki mobil pribadi!




Don't Miss