Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Kiat Memilih Saham

Wednesday 7 January 2015

"Kiat memilih saham"

Kiat Memilih Saham
Dividen dan Capital Gain adalah dua keuntungan yang bisa didapat seseorang investor  dari investasi saham. Dividen adalah pendapatan yang berasal dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Tentunya hanya perusahaan (emiten) yang sehat sajalah yang mampu memberikan deviden secara konsisten dalam jumlah yang relatif besar. Capital gain adalah terjadinya selisih harga jual beli saham karena fluktuasi pergerakan harga saham. Intinya jika ingin untung dalam investasi saham, maka kombinasi antara pemilihan saham (stock picking) dengan waktu pembelian/penjualan sahamnya (market timing), adalah dua hal yang saling menunjang. Jadi bukan cuma sahamnya namun kapan membeli/menjualnyapun menjadi sama pentingnya.

Karena itu, umumnya kita mengenal adanya dua pendekatan dalam memilih saham, yaitu melalui analisa fundamental dan analisa tehnikal. Salah satu kegunaan dari analisa fundamental adalah untuk pemilihan saham. Dengan memilih saham yang benar maka kita dapat mengurangi dan mengendalikan risiko yang terkandung dalam investasi saham. Analisa Fundamental dapat memberikan petunjuk akan saham-saham yang mana yang tergolong berisiko rendah dan saham-saham mana yang tergolong berisiko tinggi sehingga dengan menggabungkan saham-saham tersebut tercipta komposisi yang sesuai dengan target return investor. Yang menjadi fokus dalam analisa fundamental adalah saham underperformed dengan asset value dan business yang masih menjanjikan di masa mendatang.

Sementara analisa tehnikal  berfokus pada pengamatan harga saham  yang percaya bahwa harga terbentuk dari psikologi investor dan sejarah terus berulang, sehingga dengan mempelajari data historis maka investor dapat memprediksikan kemana harga akan melangkah selanjutnya. Analisa tehnikal tidak mendasarkan analisis-nya pada faktor fundamental seperti yang disebutkan di atas, namun mencoba memahami efek dari semua faktor fundamental pada perdagangan saham dengan mengandalkan grafik-grafik dan indikator statistik mengenai harga saham. Fokus dari analisa tehnikal adalah menentukan posisi beli (atau jual) pada saat yang tepat untuk meraih untung.

Kedua pendekatan analisis ini masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri, biasanya analisa fundamental dapat digunakan pada saat investor memilih saham mana yang akan dibeli dan diperdagangkan. Karenanya sangat efektif untuk menentukan saham-saham unggulan yang memiliki potensi kenaikan di masa depan. Disisi lain, analisa tehnikal digunakan untuk menentukan momentum beli dan jual aset tersebut di pasar. Hal mana sangat sulit dan bahkan kita akan ketinggalan jika mengandalkan analisa fundamental saat menentukan momentum beli dan jual, karena harga akan bergerak sangat cepat dan kita perlu memberikan keputusan berdasarkan data yang dinamis. Dalam hal ini analisa tehnikal sangat sesuai karena signal-signal yang diberikan dapat memberikan indikasi harga dalam waktu dekat.

Bila investor sudah menganalisis fakta-fakta atau informasi dengan hati-hati, menggunakan akal sehat, menginvestasikannya untuk periode jangka panjang, dan memiliki kesabaran, investasi saham dapat dipilih menjadi alternatif investasi yang menguntungkan. Jadi, apapun strategi yang digunakan, sebenarnya jika kita sudah memilih saham perusahaan yang memiliki fundamental yang bagus, tentunya dengan analisis yang baik, dalam jangka panjang keputusan ini biasanya akan memberikan tingkat keuntungan yang cukup memadai. Hati-hati, jika kurang siap mengatasi penurunan drastis dari harga saham tersebut dalam jangka pendek, jangan panik sehingga terburu-buru menjual saham tersebut dan mengalami kerugian.




Don't Miss