Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Mengatur Keuangan Dengan Pendapatan Terbatas

Monday 9 February 2015

"Mengatur keuangan dengan pendapatan terbatas"

Mengatur Keuangan Dengan Pendapatan Terbatas

Saya seorang karyawan di salah satu restoran di medan, gaji saya 1,3juta/bulan.
Saya pengen menabung, tapi saya bingung mengatur keuangan saya tiap bulan dengan gaji sekian. Sementara saya harus membayar uang kost sebesar 250rb/bulan, belum lagi uang makan dan kebutuhan lain-lain.
Mohon solusinya.
Terima kasih.

Gearonal.

Jawab :

Dear Bang Gearonal,

Dalam melakukan pengelolaan keuangan, yang harus kita perhitungkan memang bagaimana dengan uang yang kita miliki kita bisa mengelolanya dengan baik. Karena belum tentu orang dengan penghasilan lebih besar tidak mengalami pengeluarannya lebih besar daripada pemasukannya. Adapun Perhitungan ideal dalam kita mengelola pendapatan adalah sebagai berikut :

10 % : Ditabung / investasi
10 % : Pendidikan diri sendiri
10 % : Dana Darurat
10 % : Rekreasi
10 % : Sedekah / amal
50 % : Kebutuhan pribadi yang bersifat konsumtif 

Tabungan ataupun investasi tersebut kita sisihkan dari awal ketika menerima penghasilan. Sekali lagi, jangan lihat dari besarnya nilai yang kita sisihkan, tapi ketika kita bisa melakukannya secara kontinu, lambat laun tentu akan semakin besar nilainya.

Pendidikan diri sendiri adalah dana tersebut kita gunakan sebagai modal untuk meningkatkan ilmu kita. Karena dengan meningkatnya ilmu dan kemampuan kita, maka nilai diri kita akan semakin tinggi dan kemungkinan orang bersedia membayar kita lebih tinggi akan lebih besar. Cara untuk meningkatkan ilmu kita minimal adalah dengan membeli dan membaca buku.

Dana darurat idealnya kita kumpulkan sebanyak 3–6 kali pengeluaran bulanan kita. Tujuannya untuk membiayai keadaan–keadaan darurat seperti sakit, kecelakaan dll.

Kebutuhan pribadi yang bersifat konsumtif adalah kebutuhan kita sehari–hari seperti makan, bayar uang kos, membeli baju, ongkos transport ke tempat kerja, cicilan hutang misal ada, dll.

Perhitungan diatas adalah angka idealnya, dan kunci untuk bisa mengelola keuangan kita dengan baik adalah komitmen serta disiplin diri dalam menjalankan apa yang sudah kita niatkan.

Salam,



Don't Miss