Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Cermat Sebelum Berinvestasi di Ruko Agar Anda Tidak Rugi!

Friday 20 November 2015

"Cermat Sebelum Berinvestasi di Ruko Agar Anda Tidak Rugi!"
Cermat Sebelum Berinvestasi di Ruko Agar Anda Tidak Rugi!

Membangun ruko untuk kemudian disewakan menjadi investasi yang diminati banyak orang. Coba perhatikan di sepanjang perjalanan Anda, betapa banyak ruko yang bermunculan seperti jamur di musim hujan. Apakah berinvestasi di ruko sangat menguntungkan sehingga banyak pihak yang serius melakukan bisnis ini. Jika dilihat trend bisnis yang dimulai dari rumah semakin meningkat, terutama bagi karyawan yang ingin memulai usaha sampingan maka membeli ruko menjadi masuk akal. Juga buat para ibu-ibu yang ingin memulai bisnis sendiri, memiliki tempat usaha yang sekaligus jadi rumah tinggal seperti ruko, sangat tepat untuk menunjang aktifitas rumah tangga dan bisnisnya sekaligus.

Namun tak jarang banyak ruko yang terlihat kosong bahkan bangunannya hampir rusak, daerah sekitarnya juga sepi dan fasilitas umum tidak lengkap. Investasi yang dilakukan bisa merugi, sebab ruko jadi tidak nyaman ditinggali dan tidak laku jadi tempat usaha. Karena risiko itulah maka investasi ruko perlu dipertimbangkan masak-masak keputusannya, apalagi harganya juga tidak murah. Yuk simak bersama penjelasannya.

Kelebihan Investasi Ruko
 1. Ruko (rumah toko) dapat menampung aktivitas usaha sekaligus rumah tinggal bagi pemilik atau penyewanya.

2. Menyewa ruko lebih menguntungkan dibandingkan dengan rumah tingal karena jangka waktu penyewaannya lebih panjang, minimal penyewaan ruko 2 -3 tahun, karena penyewa ruko memerlukan jangka waktu tertentu untuk pengembalian modal dan dapat memetik laba.

3. Tingkat pengembalian investasi ruko pun lebih cepat jika dibandingkan dengan rumah yang disewakan, sebab ruko digunakan untuk bisnis, ini akan meningkatkan nilai sewa ruko.

Kekurangan Investasi Ruko
1. Ruko sangat sensitive terhadap krisis ekonomi, pada saat ekonomi sedang lesu, bisa jadi penyewa ruko berkurang bahkan tidak ada sama sekali karena tak punya uang sebagai modal usaha.

2. Ruko yang berada di pinggir jalan utama yang ramai belum tentu mengundang orang untuk berhenti. Perlu kejelian dalam menentukan lokasi ruko yang tepat sebagai ladang investasi.

Nyamankah Berumah di Ruko ?
Dewasa ini bertempat tinggal sekaligus berdagang menjadi pilihan utama warga perkotaan karena alasan kepraktisan, namun ada sisi positif dan negative jika Anda tinggal di ruko.

Sisi positif tinggal di ruko
1. Efisien, hemat ongkos, tak perlu menempuh jarak tertentu untuk menuju tempat usaha Anda. Tidak ada waktu dan tenaga yang terbuang di jalan. Anda bisa buka toko 10 menit sesudah ritual mandi.

2. Dekat dengan sarana komersil lainnya, misalnya: pasar, mini market, rumah sakit, dan sekolah, dan lain-lain.

3. Dapat menangani urusan usaha kapan pun diperlukan. Tidak ada hari libur.

4. Perawatannya lebih mudah karena ruko hanya memiliki sedikit ruang daripada rumah tinggal.

Sisi negatif tinggal di ruko  
1. Privasi terbatas karena Anda tinggal di bangunan yang befungsi rumah sekaligus tempat usaha Anda.

2. Tidak semua ruangan memiliki jendela seperti rumah tinggal.

3. Pengaturan ruang sulit akibat lebar bangunan yang sempit.

4. Harus olahraga, naik turun tangga jika rumah tinggal Anda berada di lantai atas.

Supaya maksimal tinggal diruko, sehingga Anda bisa mendapat rumah tinggal sekaligus tempat usaha maka yang terutama adalah memilih lokasi ruko yang strategis dengan traffic yang ramai untuk mendorong kemajuan usaha. Ventilasi dan kebersian kamar tidur, dapur, dan kamar mandi harus baik dan nyaman bagi Anda sekeluarga. Sebaiknya memiliki sedikit teras muka atau halaman belakang untuk tanam-tanaman agar lebih hijau dan tidak gersang. Pastikan juga bahwa ruko tersebut tidak menyalahi peraturan daerah setempat, ber-IMB, karena tentu Anda tidak mau jika bangunan tiba-tiba harus dibongkar karena menyalahi aturan, atau tidak ber-IMB.

Mike Rini Sutikno, CFP
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www. kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Kemandirian Finansial, Mitra Rencana Edukasi
Workshop The Enterprise You - Cara Pintar Ngatur Duit, Berbisnis dan Berinvestasi
Workshop : Smart Money Game (Papan Permainan Edukasi Perencana Keuangan)
Don't Miss