Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Tips Menjual Dengan Lebih Efektif

Monday 9 February 2015

"Tips menjual dengan lebih efektif"

Tips Menjual Dengan Lebih Efektif

Salam hormat saya,

Nama saya Ramdan, pekerjaan saya sales gordyn, di toko gordyn di Palembang,

Langsung pak, begini saya bingung bagaimana supaya calon konsumen percaya sama saya kalau produk yang saya tawarkan benar-benat dari bahan berkualitas dan juga dari penampilan saya tidak begitu keren (berpakaian rapih) terakhir bagaimana cara berbicara yg tepat, jelas dan singkat?
Terima kasih mohon sarannya pak.

M. Ramdan
Palembang.

jawab :

Dear pak Ramdan,

Suksesnya sebuah penjualan terkadang memang bukan selalu disebabkan oleh pembeli benar-benar membutuhkan produk yang ditawarkan ataupun kualitas yang luar biasa dari produk tersebut, tetapi juga bagaimana sang penjual bisa meyakinkan dan merebut hati pembelinya.

Dan memperhatikan pemaparan dari bapak tentang kondisi yang bapak alami saat ini, sebenarnya bapak sudah memiliki jawaban dari pertanyaan bapak sendiri. Baik itu dari permasalahan penampilan pak Ramdan yang mungkin kurang meyakinkan, ataupun dari cara bicara yang lebih efektif.

Untuk masalah penampilan, sudah pasti pak Ramdan harus mengubah penampilan anda sedemikian rupa sehingga orang yang anda tawari produk anda tidak segan bila harus berkomunikasi dengan anda. Artinya penampilan anda harus pas, tidak terlihat kurang meyakinkan maupun juga tidak terlihat berlebihan. Baik itu mulai dari ujung rambut sampai ujung sepatu, plus aroma tubuh anda. Seperti apa penampilan yang pas tersebut, anda yang lebih paham kondisi di lapangan.

Untuk berbicara dan menawarkan secara lebih efektif, yang perlu anda perhatikan adalah tentunya menjaga sikap dan cara bicara kita dalam menawarkan. Jangan menawarkan dengan nada memaksa ataupun mengiba, namun lebih pada bersikap bersahabat, tunjukkan keunggulan produk anda dan kenapa konsumen anda harus membeli produk yang anda tawarkan. Jangan juga bersikap kasar ataupun jutek bila konsumen tidak bersedia membeli, namun tetaplah tersenyum dan mengucapkan terima kasih. Untuk memperkaya kemampuan menjual anda, ada baiknya anda belajar dari atasan ataupun rekan kerja anda yang lebih senior tentang bagaimana mereka melakukan penjualan yang lebih efektif. Bila dari mereka dirasa kurang mendapatkan informasi ataupun ilmu, anda bisa belajar tentang komunikasi penjualan tersebut dari sumber–sumber lainnya seperti dari buku ataupun dengan browsing di internet. 

Salam,



Don't Miss