Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Solusi Kredit Macet Di BPR

Wednesday 11 February 2015

"Solusi kredit macet di BPR"

Solusi Kredit Macet Di BPR

Halo pak Andy,

Aku koyum, aku mengalami kredit di BPR BKK Jawa Tengah dan sekarang aku macet 3 bulan dan sisa kredit aku Rp 18.955.000 dan usaha saya lagi mengalami kesulitan. Aku sudah minta perlindungan ke sebuah lembaga perlindungan konsumen (LPK), apakah aku salah minta perlindungan? tolong dijawab karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan dan tolong kasih solusinya?

Terima kasih

Jawab :

Salam pak Koyum,

Turut prihatin atas masalah yang bapak hadapi saat ini. Ketika kita mengambil berhutang ataupun mengambil kredit kepada pihak lain, tentu memang sudah menjadi kewajiban kita untuk melunasinya. Untuk kasus yang bapak hadapi saat ini, saran saya adalah coba bapak temui pihak BPR tersebut dan bernegosiasi dengan mereka tentang cara pelunasan kredit yang bapak ambil. Maksudnya bukanlah kita hendak meminta pemutihan hutang, kita sebagai nasabah berusaha untuk beritikad baik melunasi hutang kita, namun dengan keadaan yang dialami saat ini, kita coba untuk meminta keringanan dalam cara pembayaran hutang. Bisa itu dalam bentuk jangka waktu cicilan yang semakin diperpanjang, sehingga jumlah cicilan perbulannya menurun walaupun kalau diakumulasi memang pasti akan jadi lebih besar jumlahnya.

Cara ini bisa berhasil ataupun tidak, tergantung dari kebijakan pihak pemberi kredit itu sendiri. Bisa juga bila memang sudah tidak diketemukan titik temu maka BPR akan melalukan tindakan seperti klausul yang tercantum pada perjanjian awal pemberian kredit. Karena yang menjadi kekhawatiran bila kita terus menunggak membayar cicilan tanpa ada konfirmasi apapun, maka track record finansial kita akan menjadi buruk sehingga bila dikemudian hari hendak mengambil pinjaman lagi akan mengalami kesulitan.

Salam,




Don't Miss