Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Menyiapkan Dana Untuk Liburan

Wednesday 11 February 2015

"Menyiapkan dana untuk liburan"

Menyiapkan Dana Untuk Liburan


1.    Apa yang di maksud liburan menurut Anda, Jelaskan?
2.    Kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana, dan dari mana uangnya? Jelaskan?
3.    Bagaimana hitung-hitungan agar tepat dengan uang atau anggaran yang akan dipakai? Jelaskan?
4.    Berapa persen dana yang harus di alokasikan dari tabungan untuk liburan? Jelaskan?
5.    Bagaimana tips menarik menurut Anda, dengan uang pas-pasan agar bisa menikmati liburan?

Jawab :

1. Menurut saya yang dimaksud liburan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan kepenatan akibat rutinitas harian yang kita jalani. Kegiatan ini pastinya berbeda dari apa yang kita lakukan sehari – hari. Kebanyakan orang senang mengisi liburannya dengan mengunjungi kota/ negara lain atau berjalan-jalan ke tempat wisata di kotanya sendiri. Namun hanya cuti dan sekedar mengerjakan hobi dan beristirahat di rumah saja menurut saya sudah bisa disebut dengan berlibur. Yang penting adalah dari aktivitas liburan tersebut seseorang sudah bisa terisi lagi energinya untuk kemudian menjalani aktivitas rutinnya sehari–hari dengan bersemangat. 

2. Waktu yang tepat untuk kita mulai mempersiapkan dana liburan adalah dari sekarang. Karena terkadang kita sendiri suka bisa mendadak untuk memutuskan ‘saya perlu berlibur nih’. Namun akan lebih baik apabila jadwal liburan dirancang jauh-jauh hari agar dana yang kita kumpulkan bisa lebih ringan mencicilnya. Selain itu semisal liburan kita butuh transportasi pesawat, maka tiket pesawat juga akan lebih murah bila dipesan dari jauh hari.

3. Yang pertama tentukan dulu kita hendak liburan kemana, baru dari situ kita bisa hitung berapa biaya yang diperlukan. Biaya apa saja yang musti dihitung untuk berlibur adalah biaya transportasi, tiket masuk lokasi dan perijinan bila ada, makan dan snack, penginapan, oleh-oleh dan belanja, serta alokasikan dana darurat. Setelah didapatkan kisaran angka yang diperlukan ditambah alokasi lamanya waktu menabung yang ada, maka kita bisa mulai memperhitungkan dari sekarang kita musti menabung berapa banyak.

4. Idealnya dana untuk bersenang-senang dianggarkan 10% dari pemasukan kita tiap bulannya. Semakin besar uang yang dibutuhkan untuk berlibur, berarti untuk menabungnya kita harus memulainya dari jauh hari. Atau bila waktunya mepet berarti jumlah yang kita tabung harus semakin besar.

5. Ini beberapa tips agar bisa menikmati liburan :

• Menurut saya tips yang paling efektif agar kita bisa menikmati dengan nyaman liburan kita kaitannya dengan dana yang cekak, ya liburannya harus disesuaikan dengan budget yang ada. Bila ingin liburan ke Paris misalnya, ya berarti harus jauh-jauh hari menyisihkan dana sesuai biaya yang dibutuhkan. Namun bila waktunya liburan sudah tiba tapi dana yang terkumpul belum mencukupi, alihkan objek liburan kita ke tempat lain yang lebih terjangkau bagi kantong kita, semisal ke Parang Tritis di Jogja. Sama-sama ‘PaRis’nya kan? hehehe. Jangan karena sebegitu ngebetnya kita ingin liburan di tempat impian, kita memaksakan diri untuk pergi ke tempat tersebut meski dananya belum mencukupi. Jangan sampai kita bisa tiba di lokasi liburan yang diimpikan tapi terus tidak bisa kembali ke rumah karena sudah kehabisan biaya. Atau sepulang liburan tiap hari harus berpuasa karena jatah uang makan siang sudah habis dipakai berlibur.

• Bila memungkinkan atur liburan anda agar tidak bertepatan dengan ‘peak season’ alias musim liburan. Karena pada saat peak season otomatis harga-harga seperti transportasi dan akomodasi akan lebih mahal.

• Bila dana memang cekak, jangan malu dan gengsi untuk melakukan penghematan di pos-pos pengeluaran yang bisa dikurangi. Belanja dan wisata kuliner biasanya menjadi pos yang sulit dikontrol karena bisa jadi barang-barang yang ditawarkan hanya bisa dijumpai di tempat yang kita kunjungi tersebut, sehingga tidak ada salahnya diberi porsi lebih besar di anggaran pengeluaran. Bila ingin membeli oleh-oleh, dari rumah buat dulu list orang-orang yang akan dibelikan oleh-oleh. Bila aktivitas di tempat liburan lebih banyak dilakukan di luar ruang ataupun diluar penginapan, pilihlah budget hotel ataupun menggunakan kamar hotel untuk beramai-ramai. Bila makanan/ jajanan/ snack di tempat wisata tersebut sama saja dengan di tempat asal kita, lebih baik bawa makanan/ snack dari rumah, karena biasanya makanan/ snack di tempat wisata dijual dengan harga lebih tinggi daripada pasaran. Daripada berkali – kali beli batere untuk kamera, lebih baik gunakan batere isi ulang yang bisa di charge lagi.

Selamat berlibur



Don't Miss