Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Menagih Kredit Macet Pada Customer Dalam Usaha Industri Sepatu

Tuesday 10 February 2015

"Menagih Kredit Macet Pada Customer Dalam Usaha Industri Sepatu"

Menagih Kredit Macet Customer Pada Usaha Industri Sepatu

Salam hormat, saya aji dari lampung.

Saat ini saya ada usaha industri sepatu sport skala menengah, sudah hampir 10 tahun untuk meningkatkan volume penjualan saya terapkan sistem kredit ke distributor atau pembeli grosir. Namun kebanyakan yang purchase order adalah customer lama, namun banyak customer lama itu banyak yang nunggak kreditnya. Bahkan sampai 2 tahun. Bagaimana mengurangi customer yang macet itu? karena membuat laporan buruk keuangan akhir tahun. Apakah perlu ada analisa customer dulu atau bagaimana?
Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalam.

Zamzani Tirta Aji,
Lampung.

Jawab :

Dear pak Aji,

Dalam dunia marketing, yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan income tentu saja dengan meningkatkan penjualan. Penjualan ini bisa kita lakukan dengan terus bekerja sama dengan customer lama agar mereka melakukan re-order, atau dengan terus menambah customer baru.

Keuntungan bekerja sama dengan customer lama adalah sedikit banyak anda sudah mengetahui karakter mereka, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan pendekatan. Agar customer lama semakin loyal pada anda dan tidak macet pembayarannya, coba berikan beberapa gimmick ataupun fasilitas khusus kepada mereka. Semisal bila pembayarannya bisa segera lunas dalam kurun waktu yang ditentukan, maka anda akan memberikan harga special bagi mereka. Atau bagi distributor yang penjualan serta pembayarannya tepat waktu dan melewati limit tertentu, akan mendapatkan bonus special dari anda. Fasilitas–fasilitas ini hanya anda berikan kepada customer yang sudah melakukan re-order minimal tiga kali.

Dan karena dalam berbisnis pasti ada saja terjadi kredit macet seperti yang anda alami, sementara modal kita harus terus berputar, maka dari situlah maka anda harus terus mencari customer–customer baru, sehingga modal anda tidak macet hanya di customer–customer lama. Untuk mendapatkan customer baru, cobalah mencari rekanan yang bersedia menjualkan produk anda. Atau agar produk anda bisa semakin dikenal masyarakat, tidak ada salahnya untuk mensponsori event–event yang diadakan di masyarakat sesuai dengan target market anda. Semisal event kompetisi futsal atau volley antar kampung, gerak jalan massal atau event apapun.

Tentu saja kita harus melakukan analisa singkat kemampuan membayar customer kita. Tujuannya agar barang yang sudah kita berikan kepada mereka bisa kembali dalam bentuk uang dan dalam waktu yang sudah disepakati. Meskipun kita membutuhkan distributor untuk memasarkan produk kita, terkadang kita juga harus bersikap tegas pada para distributor tersebut. Buatlah perjanjian waktu pelunasan barang yang mereka ambil. Bila ternyata mereka menciderai janji tersebut, maka anda bisa mengambil sikap untuk tidak menggunakan mereka lagi sebagai distributor anda agar kerugian yang anda alami tidak berlarut-larut.

Semoga membantu.

Salam,



Don't Miss