Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

(Tanya Jawab) Memilih Investasi Yang Tepat

Tuesday 10 February 2015

"Memilih investasi yang tepat"

Memilih Investasi Yang Tepat

Salam pak,

Saya seorang pegawai dan belum menikah. Saat ini saya menyisihkan pendapatan melalui tabungan dan asuransi kesehatan. Adakah investasi lain yang bisa saya ikuti dengan Gaji Sebesar Rp3.000.000/bulan? bagaimana dengan investasi online? apakah bisa terpercaya? mohon bantuan bapak.

Terima Kasih.

Lambok.

Jawab :

Salam kenal juga pak Lambok, senang mengetahui anda sudah mulai mempersiapkan kemapanan finansial anda sejak dini.

Ketika kita ingin menabung ataupun berinvestasi, maka jumlah ideal yang kita sisihkan dari pendapatan reguler kita adalah minimal sebesar 10 %. Kalau bisa lebih besar pasti akan lebih bagus, sepanjang masih memungkinkan. Selain itu kita juga musti berhitung berapa lama kita hendak berinvestasi. Apakah jangka pendek yang kurang dari satu tahun, jangka menengah yaitu tiga sampai lima tahun, ataukah untuk jangka panjang yaitu lebih dari lima tahu.

Dari asumsi angka yang didapat dari pendapatan bapak, ada beberapa instrumen investasi yang bisa bapak masuki. Yang pertama adalah logam mulia atau biasa dikenal dengan emas batangan. Walaupun pertumbuhannya nilainya mungkin tidak terlalu kencang, namun terbukti nilainya selalu bertumbuh dan tetap diatas kenaikan nilai inflasi. Bila terhambat dengan dana yang terbatas, kita bisa membelinya dalam jumlah yang kecil dulu semisal per 1 gram.

Alternatif berinvestasi secara ritel berikutnya adalah melalui reksadana. Ada empat pilihan reksadana yang bisa bapak pilih yaitu reksada saham, reksadana campuran, reksadana pasar uang, dan reksadana pendapatan tetap. Saat ini ada institusi bank yang menjual reksadana secara ritel, sehingga nasabah bisa membelinya di mulai harga Rp. 100,000 saja. Tipikal dari reksadana ini terutama reksadana saham dan campuran, hasil investasi yang diberikan bisa jauh lebih tinggi dari nilai inflasi, namun juga memiliki resiko tersendiri, sehingga sebaiknya bapak mempelajari dengan cermat penjelasan produknya sebelum memutuskan berinvestasi.

Kedua instrumen tadi yaitu logam mulia dan reksadana ini keunggulannya adalah dapat dibeli secara ritel, sehingga untuk mensiasati dana yang terbatas kita bisa tetap berinvestasi dengan cara membeli dengan jumlah kecil secara periodik tiap bulannya. Selain itu kedua produk ini juga relatif mudah untuk diuangkan, sehingga memudahkan apabila sewaktu-waktu kita membutuhkan uang.

Untuk pertanyaan bapak tentang investasi online, mohon maaf saya kurang paham apa yang bapak maksud dengan investasi online tersebut. Silahkan bapak uraikan dengan lebih jelas ataupun menyebutkan produknya secara spesifik, sehingga saya bisa memberikan jawaban yang lebih tepat untuk itu.

Selamat berinvestasi,

Salam,



Don't Miss