Responsive Ad Slot

Latest

Menabung

Bisnis

Liburan

Featured Articles

Membuka Bisnis Dengan Membeli Sistem Waralaba/Franchise

Monday 22 December 2014

"Membuka Bisnis Dengan Membeli Sistem Waralaba/Franchise"

Membuka bisnis dengan membeli sistem waralaba
Banyak orang tidak berani membuka bisnis sendiri  karena merasa belum punya pengalaman sama sekali dalam berbisnis sehingga menjadi ragu-ragu dan takut gagal. Namun jangan khawatir, sekarang ini banyak sekali ditawarkan bisnis dengan sistem waralaba yang bisa membantu Anda mengatasi kendala kurangnya pengalaman dan pengetahuan dasar menjalankan bisnis tersebut.

Senang sekali jika begitu membuka usaha, nama perusahaan beserta jasa dan produk yang ditawarkan sudah terkenal. Orang akan datang dengan sendirinya ke tempat kita. Dan tentunya akan jauh lebih mudah untuk menjalankan usaha  jika tersedia suatu sistem untuk menangani masalah teknis  operasional, promosi dan sebagainya. 

Anda pasti pernah makan di McDonalds, beli roti di Buana Bakery, atau makan es krim di Baskin & Robins. Mungkin anda juga pernah datang ke Multi Plus atau Snapy untuk urusan dokumentasi seperti penjilidian, fotocopy sampai cetak kartu nama. Nah, untuk urusan perawatan diri anda pasti dengan mudah menemukan barber shop atau salon kecantikan favorit di berbagai lokasi strategis di kota tempat tinggal anda terutama di pusat perbelanjaan. Semakin hari outlet dan counter mereka semakin laris dan semakin banyak saja jumlahnya.

Anda juga bisa membuka counter atau outlet berbagai merek dagang terkenal seperti contoh diatas. Berbagai merek dagang terkenal saat ini membuka kesempatan untuk menjalankan bisnis yang sama persis dengan mereka dengan sistem waralaba. Untuk lebih mudahnya, waralaba memungkinkan  anda untuk membeli sebuah sistem bisnis yang sudah ada dan terbukti berhasil. Dibandingkan membuka usaha sendiri dengan nama yang belum dikenal orang, belum lagi anda harus membuat sistem pembukuan, merekrut pegawai dan melatihnya, mengatur persediaan barang, dan lain sebagainya. Maka waralaba membantu anda mengatasi masalah-masalah tersebut

Pengertian Waralaba

Waralaba dalam dunia bisnis terkenal dengan istilah “ Franchise’ yaitu pemberian sebuah lisensi oleh suatu pihak (perorangan maupun perusahaan) sebagai pemberi waralaba kepada pihak lain sebagai penerima waralaba untuk berusaha dengan menggunakan merk dagang / nama dagangnya, dan untuk menggunakan keseluruhan sistem bisnisnya. Pemberi waralaba biasa disebut franchiser dan penerima waralaba disebut franchisee. Berbagai  keunggulan Franchise, antara lain :

•    Kurangnya pengetahuan dasar membuka usaha dan menjalankan operasional usaha dapat ditanggulangi dengan konsultasi, pendidikan dan program pelatihan yang diberikan secata terus menerus dan ditinjau secara berkala oleh Franchiser, antara lain : konsultasi pemilihan lokasi usaha, mempersiapkan persyaratan hukum yang diperlukan, pelatihan para staf, pembelian peralatan dan persediaan barang.

•    Franchisee berhak untuk menggunakan paten, merek dagang, hak cipta, rahasia dagang, serta proses formula dan resep rahasia milik Franchiser.

•    Mendapat keuntungan dari program riset dan pengembangan yang dilakukan Franchiser yang terus menerus dilakukan untuk memeperbaiki bisnis Anda agar tetap kompetitif.

•    Kemungkinan terdapat jaminan teritorial untuk memastikan bahwa tidak ada Franchisee lain dalam wilayah bisnis yang terlalu dekat.

•    Mendapat keuntungan dari aktifitas iklan semua  jenis program promosi Franchiser

Tips Memilih Franchise

Hubungan Anda sebagai Franchisee dengan pemberi waralaba atau Franchiser harus dapat bertahan lama karena saling membutuhkan satu sama lain. Karena itu layaknya memilih suami atau istri dimana kita harus merasa cocok dulu dengannya sebelum memutuskan utnuk menikah, maka demikian pula memilih Franchiser. Kiat-kiat yang bisa dilakukan antara lain :

1.    Pilih bisnis waralaba pada bidang yang anda sukai agar anda lebih termotivasi.dan bertahan lama. Tidak masalah walaupun anda belum menguasai teknis operasionalnya. Jika konsep bisnis yang ditawarkan berikut proyeksi keuntungannya  mudah dimengerti oleh anda dan masuk akal, bisa anda pertimbangkan.

2.    Pastikan bahwa Franchiser  telah mempunyai strategi pemasaran yang solid seperti  dilaksanakannya promosi,  iklan,  riset dan pengembangan serta pelatihan yang kontinyu agar bisnis anda nanti tetap kompetitif.

3.    Bisnis waralaba yang bisa diteruskan kepada ahli waris merupakan suatu keuntungan untuk anda. Karena itu carilah  keterangan apakah calon Franchiser  anda memberikan peluang ini.

4.    Carilah Franchiser  yang memberikan pemantauan kinerja bisnis anda dari waktu ke waktu untuk membantu mempertahankan standar dan tingkat keuntungan.

Namun, dari sistem waralaba ini juga mengandung beberapa kelemahan antara lain :

•    Harus memenuhi  persyaratan finansial tertentu, terutama modal  awal yang dibutuhkan relative cukup besar. Seterusnya membayar Franchise fee secara rutin atas jasa-jasa yang didapatkan dan atas penggunaan sistemnya.

•    Franchisee tidak bebas menentukan sendiri kebijakan-kebijakan perusahaannya tanpa persetujuan franchisor, seperti harga jual, jenis barang yang dijual dan lain sebagainya.

•    Franchisor bisa saja membuat kesalahn dalam mengambil keputusan / kebijakan yang mungkin memepengaruhi untung rugi usaha. Padahal Kebanyakan Frachisee  tergantung pada kebijakan Franchisor.

Don't Miss